Cara Sablon Kaos Sendiri di Rumah Pakai Printer Color dan Transfer paper



  • Cara Sablon Kaos dengan Transfer Paper

Cetak sablon saat ini telah berkembang pesat. Salah satunya adalah sablon kaos. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh gambar sablon yang berkualitas. Ada 2 jenis transfer paper : Clear dan Dark.
Clear digunakan untuk kain yang berwarna putih, sedangkan Dark untuk kain selain warna putih. Bagi anda yang tidak ingin ke tukang sablon dan ingin mencoba sendiri berikut langkah-langkahnya:

  • Alat - alat yang harus di sediakan adalah :
- Komputer / Laptop
- Printer color
- Kertas Transfer paper Clear / Dark
- Gunting / kalo punya mesin plotter lebih bagus :)
- Setrika listrik
- Kaos polos Hitam/Putih




  • Cara sablon untuk clear :
 
1. design gambar di komputer kemudian balik gambar tsb ( mirror )
2. cetak di kertas transfer paper (TP)
3. gunting sisi kertas tadi, sisakan 0.2mm untuk bordernya.
4. taruh kertas sablon (kertas karton) tebal di bawah kaos sebagai alas.
5. letakan transfer paper di atas kaos dan gosok dengan setrikaan dengan kepanasan low, sebab kalau terlalu panas bisa lengket di kertas..
6. gosoknya nggak usah kelamaan cukup 30 detik saja.
7. buka perlahan kertas dan kaos tadi berubah menjadi kaos sablon. 





  • Cara membuat untuk dark :
 
1. design gambar di komputer dan kita akan melakukan cetak sablon di atas kertas TP, cetak biasa nggak usah pakai mirror. Gunakan kwalitas best pada opsi di printer.
2. lepaskan secara hati-hati, lembaran berwarna putih susu yg melekat di TP, maka anda akan mendapatkan lembaran semacam membran elastis yang mana lembara ini untuk di pasang di kaos.
3. Letakan lembaran membran ini ke kaos dan letakan kertas minyak (bawaan saat beli) di atas membran tadi lalu gosok perlahan dengan strikan, gosoknya jangan terlalu lama sebab akan membuat membran menjadi kering dan tipis. Dengan alat sablon yang lengkap dan cara yang benar, anda akan memperoleh kualitas gambar yang baik.

Related : Cara Sablon Kaos Sendiri di Rumah Pakai Printer Color dan Transfer paper

19 Komentar untuk "Cara Sablon Kaos Sendiri di Rumah Pakai Printer Color dan Transfer paper"

Dan kalau menginginkan dijual secara online, Anda bisa menjualnya di pusat toko online terpercaya tidak usah repot-repot membuat website terlebih dahulu :D

Untuk kualitasnya gmna gan ? Kira" tahan berpa kali cuci..

Kualitasnya gmna gan? Kira" tahan berapa kali cuci ?

Kualitas lumayan awet gan . .tergantung dari kualitas tinta sublim N kertas transferpapernya jg . .

cuma,.klo di bandingin sama sablon manual ya jauh gan . . hehe

Maksud nya miror tu gimana ya

gambarnya di balik / di mirror gtu . .

lok pake printer injek bisa gax gan. lebih tahan pake TP ap Manual.

lebih tahab pake TP Ap Manual gan.

bisa ko' gan . .pakai tinta yg waterproof ya, biar hasilnya lebih tahan lama . .!!

kalo kualitas ya tetep manual lah gan . .hehehe

makasih udh berkunjung, . :)

Bisnis konveksi kaos dan sablon di Indonesia memang tiada matinya, di kota kota-kota kecil mulai bermunculan bisnis konveksi kaos dan sablon, seperti Konveksi dan Sablon Madiun, semoga dengan bertumbuhnya bisnis konveksi dan sablon dapat mengurangi jumlah penganguran di Indonesia.. Amiin

Jenis printer yang dipakai pengaruh gak min? Atau printer apa aja bisa digunakan

di sarankan jenis printer yang suport sublime si gan . .

epson sih bagus udah suport untuk tinta sublime

thx

Gan knp kalo untk baju yg gelap desainnya ngga perlu di balik atau di mirror?? Trus kalau print jenis cannon bagus untk cetakannya??

Gan knp kalau mau tempel desain di kaos yg gelap ngga perlu di balik/mirror?? Trus kalau pake print jenis cannon bagus???

Itu tintanya pake tinta khusus sablon atau tinta biasa?

Recommended pakai tinta sublim . .

thx.

wah, info yang sangat menarik
pingin coba tapi blm punya printer gan! :(

Selamat Pagi,
artikelnya bagus gan nambah ilmu,

begini saya ingin bertanya jika ingin mensablon di kain oscar atau kain kulit sintetis apakah dengan cara yang sama dan tinta yang sama?

terimakasih