(YKS) Yuk Keep Smile Program Acara yang Kontroversial

Hiburan menarik Yuk Keep Smile
Yuk Keep Smile yang Kontroversial
YukKeep Smile merupakan acara variety show yang ditayangkan Trans TV hamper setiap hari. Acara berdurasi 3 jam lebih ini diformat penuh dengan acara hiburan, dari sketsa komedi, kuis interaktif, game show, hingga pementasan musik.  Sayangnya, program televisi yang telah tayang sejak tanggal 31 Agustus 2013 itu menuai kontroversi. Meski banyak yang menyukai acara ini, namun tak sedikit pula yang menilai tayangan ini sebagai tidak mendidik dan mendesak untuk secepatnya dihapus dari siaran TV.

Pemain dan pemeran yang menggawangi acara ini kebanyakan adalah pelawak, seperti Wendy Cagur, Denny Cagur, Adul, Kiwil, Olga Syahputra, Raffi Ahmad, Billy Syahputra, Bopak Castello, Soimah Pancawati, Ananda Omesh, Tara Budiman, Chand Kelvin, serta Caisar Putra Aditya sebagai maskot penari. Melalui acara ini pula Goyang Cesar makin popular dan membawa nama Cesar sebagai selebritis baru.

Yuk Keep Smile Ingin Seperti Gangnam Style

Yuk Keep Smile yang Kontroversial

Yuk Keep Smile yang Kontroversial

Acara Yuk Keep Smile tampaknya dibuat untuk “meniru” fenomena tarian "Gangnam Style" yang sangat popular di seluruh dunia sebagai tarian khas dan menjadi trade mark Korea. Seperti dikatakan A Hadiansyah Lubis, PR Manager Trans TV, yang berharap agar pemerintah Indonesia dapat melihat acara YKS sebagai peluang untuk merangkul semua lapisan masyarakat dalam kebersamaan melalui Goyang YKS dengan musik yang asli Indonesia. “Kalau masalah gerakan kan bisa duduk bareng dengan kami untuk merumuskan bagaimana baiknya, katanya menanggapi banyaknya protes terhadap tayangan fenomenal tersebut.

Sebagai acara yang menghibur dan berambisi dapat menjadi setenar Gangnam Style, Yuk Keep Smile memang menciptakan beberapa joget khas dengan iringan musik bernuansa dangdut. Beberapa joget yang telah popular adalah Joget Caisar dengan iringan lagu Buka Sitik Joss-nya Juwita Bahar, Goyang Kereta Malam dengan lagu Kereta Malam-nya Elvi Sukaesih, Joget Bang Jali dengan lagu Bang Jali oleh Denny Cagur , Goyang Oplosan dengan lagu Oplosan-nya Wiwik Sagita, Goyang Simalakama dengan iringan lagu Si Malakama oleh Yopie Latul, Goyang Pokoke (Pokoke Joget) dengan lagu Pokoke Joged oleh Nurbayan, dan joget khusus untuk anak-anak yang bernama Goyang Naik Delman dengan iringan lagu Naik Delman.

Namun Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pernah mengirimkan teguran terhadap acara Yuk Keep Smile terutama pada Goyang Oplosan yang dinilai terlalu erotis dan vulgar untuk anak-anak sehingga diubah gerakannya oleh Trans TV. Protes juga dilakukan melalui gerakan petisi online yang dimotori Rifqi Alfian dan telah mendapatkan tanda tangan mencapai puluhan ribu orang dan mendesak tayangan YKS dihentikan.

Selain tidak mendidik, petisi itu juga menilai acara YKS sebagai tayangan yang tidak berkualitas dengan banyaknya kata-kata kasar dan gerakan tarian yang vulgar. Gerakan juga menyayangkan tayangan semcam itu justru ditiru stasiun televisi lain.

Meskipun banyak dikecam, acara YKS memang fenomenal. Goyang Cesar ternyata telah menimbulkan demam di berbagai daerah. Tak sedikit pula masyarakat yang mengadakan acara lomba joget semacam itu di sejumlah tempat, baik lomba antar kecamatan atau antar kampung. Terlepas dari pro kontra terhadap acara itu, mungkin ada baiknya pengelola televisi juga memperhatikan kritik dan masukan masyarakat agar tayangan Yuk Keep Smile justru lebih menghibur sekaligus mendidik

Related : (YKS) Yuk Keep Smile Program Acara yang Kontroversial

0 Komentar untuk "(YKS) Yuk Keep Smile Program Acara yang Kontroversial "